Panjang Meja Tenis Meja Adalah? Simak Ukuran Standar Internasionalnya Disini

panjang meja tenis meja adalah

Jika melihat ukuran standar internasional, maka panjang meja tenis meja adalah 274 cm. Tenis meja atau dikenal dengan sebutan pingpong ini merupakan suatu jenis permainan bola kecil yang dapat dimainkan oleh dua orang (tunggal) maupun dua pasangan (ganda) secara berlawanan.

Baca juga: Induk Organisasi Bola Basket di Indonesia Adalah Perbasi

Permainan ini sudah populer sejak lama di Inggris, yaitu dengan nama pingpong, whiff whoff serta gossima. Sedangkan di Indonesia sendiri, permainan tenis meja sudah dipertandingkan dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama yang ada di Solo.

Pertandingan tenis meja memerlukan beberapa peralatan, seperti meja, net, bet atau raket, serta bola.

ITTF atau Federasi Tenis Meja Internasional sudah menetapkan aturan terkait peralatan serta ukuran yang digunakan dalam pertandingan tenis meja sendiri. 

Jika Anda penasaran dengan ukuran panjang meja tenis meja serta peralatan yang digunakan lainnya, maka bisa simak ulasan berikut ini.

Ukuran Panjang Meja Tenis Meja dan Peralatan Lainnya

Bagi Anda yang penasaran dengan ukuran peralatan dan panjang meja tenis meja adalah sebagai berikut.

  • Meja 

Meja yang digunakan dalam pertandingan tenis meja harus berbentuk persegi panjang. Adapun panjang meja tenis meja adalah 274 cm, lebarnya 152,5 cm, lalu tinggi meja dari permukaan tanah adalah 76 cm. Sementara itu, tebal meja harus 3 cm dan luas mejanya adalah 4,1785 m persegi.

Menurut standar dari ITTF, permukaan meja dapat terbuat dari bahan apa saja, asalkan dapat menghasilkan pantulan yang seragam, yaitu 23 cm ketika bola standar dijatuhkan dalam ketinggian sekitar 30 cm.

Selain itu, permukaan meja harus berwarna gelap. Biasanya, warna yang digunakan adalah biru gelap maupun hijau gelap. Dimana garis sisinya selebar 2 cm menggunakan warna putih. Lalu, pada bagian tengah meja pun harus terdapat garis putih selebar 3 mm yang mana disebut sebagai garis tengah.

  • Net

Menurut standar ITTF yang dapat digunakan dalam pertandingan resmi internasional, net yang digunakan harus terdiri dari jaring, pendukung, serta suspensinya. 

Adapun panjang net yang digunakan adalah 183 cm, sementara tingginya adalah sekitar 15,25 cm. Lalu, jarak meja ke tiang net adalah sekitar 15,25 cm.

Ukuran dari net ini harus Anda perhatikan dengan baik, supaya pertandingan dapat berjalan seimbang dan tanpa ada masalah apapun.

  • Bola

Perlu Anda ketahui bahwa bola yang digunakan dalam tenis meja wajib berbentuk bulat dengan diameter sekitar 40 mm serta berat 2,7 gram. 

Selain itu, bola untuk permainan tenis meja harus terbuat dari seluloid maupun bahan plastik yang serupa serta harus berwarna oranye atau putih. Jadi, jangan sampai Anda salah menggunakan bola untuk tenis meja, ya.

  • Bet 

Alat pemukul yang digunakan dalam tenis meja biasa disebut sebagai bet. Nah, bet ini biasanya terbuat dari bahan kayu dengan ukuran panjang sekitar 25,5 cm serta memiliki lebar sekitar 15 cm.

Adapun bagian dari bet tenis meja merupakan daun bet yang terbuat dari bahan kayu. Sementara lapisan perekat bet harus terbuat dari bahan berserat, misalnya serat karbon maupun serat kaca. Lalu, sisi daun bet yang digunakan untuk memukul bola harus ditutupi dengan karet licin maupun halus atau bintik.

Kini, Anda sudah mengetahui bahwa panjang meja tenis meja adalah seperti yang sudah dijelaskan di atas. Jadi, Anda tidak perlu bingung lagi dan bisa menentukan panjang meja tenis meja saat ingin mulai bermain permainan ini.

Baca juga: Induk Organisasi Senam Di Indonesia adalah PERSANI

Leave a Reply

Your email address will not be published.