Argumentasi Adalah Suatu Alasan Untuk Menolak Atau Memperkuat Pendapat, Begini Penjelasan Selengkapnya!

argumentasi adalah

Argumentasi adalah istilah yang bisa jadi sudah sangat sering sekali Anda dengar. Kata ini biasanya orang pakai ketika ingin menyampaikan suatu pendapat. Sering seseorang saat mengemukaan pendapat akan sekaligus menyertakan argument ini sebagai penguat. Mau tahu tentang apa itu argumentasi? Berikut penjelasan selengkapnya. 

Baca juga: Resolusi Adalah Sebuah Rencana dalam Kehidupan, Begini Tips Membuatnya dengan Tepat

Tentang Apa Itu Argumentasi

Anda mungkin sering mendapati orang-orang yang sedang adu argument. Hal ini karena argumentasi merupakan bagian penting dari pemikiran kritis. Argumentasi tidak selalu punya arti menyerang atau mengkritik orang lain. 

Argumentasi juga berarti pernyataan yang biasa orang pakai untuk mendukung sudut pandang. Tak heran ada yang mengira orang sedang berargumen, padahal saat itu hanya mencoba memberikan pernyataan. Pada akhirnya keberadaan argument pun dapat membentuk sebuah dialog atau diskusi. 

Baca juga: Hipotesa Adalah Suatu Anggapan Dasar, Begini Cara Membuatnya

Arti Argumentasi Menurut Beberapa Sumber

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Dari sumber tersebut, argumentasi adalah alasan seseorang untuk bisa menolak maupun memperkuat suatu pendapat, ide, atau gagasan. Sehingga cukup sama dengan pengertian argumentasi secara umum.

Menurut Beberapa Tokoh Dunia

Argumentasi adalah istilah yang juga sudah cukup lama berkembang di masyarkat. Buktinya, beberapa tokoh penting dunia sudah lebih dulu menafsirkan kata tersebut. Berikut penjelasan masing-masing tokoh tentang apa itu argumentasi:

  • Merriam-Webster, argumentasi adalah rangkaian alasan atau fakta yang koheren untuk mendukung atau menetapkan suatu sudut pandang. 
  • Keraf, argumentasi merupakan retorika yang bisa untuk mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain. Sehingga pada akhirnya mereka yakin untuk bertindak sesuai kemauan penulis atau pembicara.

Pengertian Argumentasi Lain

Ada lagi pengertian argumentasi lain yaitu kumpulan pernyataan-pernyataan yang beberapa punya premis-premis. Lalu premisnya bisa orang tawarkan untuk mendukung pernyataan lain sehingga mendapatkan kesimpulan. Dengan begitu, Anda bisa menganggap premis argumen untuk alasan sebagai pendukung pandangan. Nanti, pengungkapannya yaitu melalui kesimpulan argumen itu sendiri. 

Argumentasi juga merupakan upaya yang orang sengaja lakukan untuk bergerak lebih dari sekedar membuat pernyataan. Saat Anda mulai berargumen pasti akan mengemukakan beberapa pernyataan yang mewakili upaya sebagai pendukung pernyataan utama. Ini akan jadi bentuk alasan buat orang lain. Sehingga mereka percaya dengan apa yang Anda tegaskan itu benar atau salah. 

Paragraf Argumentasi

Bicara tentang argumentasi mungkin Anda berpikir tentang salah satu jenis paragraf. Tidak salah memang, karena faktanya ada yang namanya paragraf argumentasi. Paragraf argumentasi yaitu jenis paragraf yang tujuannya adalah untuk mengungkapkan ide, gagasan, atau pendapat penulis. Bukti dan fakta adalah poin penting yang ada di sini. 

Artinya, paragraf argumentasi yaitu paragraf yang biasa orang pakai untuk mengemukakan suatu pendapat beserta alasannya. Tujuan lain dari paragraf ini juga supaya pembaca lebih yakin lagi jika ide dan gagasan itu benar. 

Apabila Anda tidak terlalu paham tentang paragraf argumentasi, sebanarnya ada ciri-cirinya. Seperti paragrafnya berisi tentang penjelasan suatu pendapat supaya pembaca yakin. Paragraf ini juga membutuhkan paparan fakta sebagai bukti pendapatnya. 

Selain itu, isi dari paragraf argumentasi juga biasanya adalah ide dari penelitian, pengalaman penulis, hingga pengamatan khusus. Lalu akan ada bagian penutup yang biasanya berisi dengan kesimpulan. Ada 3 pola paragraf argumentasi yaitu analogi, generalisasi, serta hubungan sebab akibat.

Jadi sekarang sudah jelas bukan, jika argumentasi adalah suatu alasan untuk mendukung atau menolak pendapat. Anda bisa gunakan informasi di atas sebagai bahan referensi tambahan jika sewaktu-waktu membutuhkannya. 

Baca juga: Posesif Adalah Rasa Kepemilikan yang Tinggi, Simak Arti, Ciri dan Cara Menghilangkannya

Leave a Reply

Your email address will not be published.