Tari Merak berasal dari Daerah Jawa Barat

tari merak berasal dari daerah

Tari Merak adalah salah satu kreasi dari anak bangsa yang sangat membanggakan. Tari Merak berasal dari daerah Jawa Barat dan pertama kali dipentaskan oleh Tjetje Somantri di tahun 1955 ketika KAA atau Konferensi Asia Afrika di Bandung. Dari nama tariannya sudah jelas bahwa tarian ini terinspirasi dari burung merak yang sangat cantik. Sehingga tidak heran jika kostum dan gerakan menyerupai merak.

Baca juga: Pencak Silat Berasal Dari Negara Indonesia dan Warisan Nenek Moyang

Sejarah Tari Merak Berasal dari Daerah Jawa Barat

Tari merak memang sudah sangat terkenal dan sudah pasti ada sejarah yang menyebabkan tarian ini dipentaskan dalam negeri dan luar negeri. Seperti yang sudah disebutkan tadi bahwa tari merak berasal dari Jawa Barat, tepatnya di Pasundan. Raden Tjetje Somantri adalah penciptanya. Beliau sendiri menciptakan tarian ini karena terinspirasi dari gerakan yang digunakan oleh merak jantan.

Kemudian, di tahun 1955 pun tari merak ditampilkan sebagai sambutan untuk para tamu yang datang di KAA (Kongres Asia Afrika) di Kota Bandung. Burung merak jantan dikenal dengan keindahan pada bagian ekor yang akan mekar bila ingin mendekati betina. Tari merak sendiri juga mengalami perubahan yang sangat signifikan dibandingkan dengan yang asli. Dimana sekarang ini tari merak dipentaskan secara berpasangan.

Penari pun akan memperagakan merak jantan dan merak betina, dimana musik yang mengiringi adalah gamelan. Gerakan gemulai dari penari pun akan sangat indah dan sangat mirip dengan gerakan burung merak. Tidak heran jika tarian ini mampu memikat siapa saja yang menontonnya. Sehingga tidak heran sekarang tari merak selalu dipentaskan baik dalam negeri atau internasional.

Makna dari Tari Merak dari Jawa Barat

Tentu saja tarian ini juga mengandung makna sangat dalam. Filosofi paling utama dari tari merak adalah tingkah laku dari seekor merak jantan yang berusaha memikat merak betina. Kemudian, sang merak jantan pun memperlihatkan ekornya yang berbulu panjang dan indah agar merak betina jatuh cinta kepadanya .

Tentu saja dari penjelasan tersebut bisa terlihat dengan jelas bagaimana para penari dengan luwes dan lembut memperagakan gerakan di merak. Sehingga dalam kenyataannya, tari merak ini tidak hanya untuk menyambut atau memberikan penghormatan kepada para tamu, tapi juga sebagai penyambutan kepada pengantin pria yang akan menuju ke pelaminan.

Gerakan dari tari merak sendiri sangatlah ceria sehingga bisa dipentaskan bersama-sama dan berpasangan. Hal paling utama untuk menarikan tarian ini adalah dengan memahami apa saja gerakan mulai dari kepala, tangan, badan dan kaki.

Fungsi dari Tari Merak

Ternyata ada fungsi dari tarian ini yang juga harus Anda ketahui. Namun beberapa tadi sudah disebutkan tujuan diciptakan dan dimana biasanya tari ini dipentaskan. Berikut ini adalah fungsi dari tari merak yang harus Anda pahami:

  • Untuk menerima tamu dalam acara pernikahan.
  • Menyambut kunjungan para tamu baik dalam acara formal. Baik itu acara pemerintahan atau lain sebagainya.
  • Ditujukan untuk menyambut rombongan dari pengantin pria yang akan ke pelaminan.
  • Sebagai hiburan dan pentas seni budaya khas dari Indonesia.

Dengan jelasnya fungsi dari tari merak ini, maka sebagai bagian dari Indonesia sudah pasti kita harus melestarikannya. Tari Merak berasal dari daerah Jawa Barat, dimana masih banyak seni tari lain dari Indonesia yang juga sudah mendunia. Maka daripada itu, sebagai warga negara Indonesia kita juga harus bangga akan karya-karya yang telah ada.

Baca juga: Bagaimana Sikap Seorang Pelajar Dalam Menghargai Peninggalan Sejarah?

Deskripsi: tari merak berasal dari daerah Jawa Barat dan dipentaskan pertama kali dalam Konferensi Asia Afrika 1955.

Leave a Reply

Your email address will not be published.