Sukses Curi Perhatian Wisatawan, Asbak Bali Punya Bentuk yang Sangat Unik

asbak bali

Ada yang punya rencana untuk pergi ke Pulau Bali? Jangan lupa bawa oleh-oleh unik karena di sana banyak variasinya. Salah satunya kerajinan dari kayu yang biasa orang sebut sebagai asbak bali. Kerajinan itu sangat populer karena unik, bentuknya mirip kelamin pria. Sehingga para turis penasaran sekaligus tertawa karena bentuknya. Penjelasan selengkapnya bisa Anda dapatkan dari informasi di bawah ini. 

Baca juga: Keindahan Tempat Wisata di Berbagai Daerah di Indonesia

Di Bali Banyak Kerajinan Unik dan Agak Vulgar

asbak bali

Jangan heran jika Anda jalan-jalan ke Pulau Bali saat ingin beli oleh-oleh dan tidak sengaja melihat kerajinan unik hingga vulgar. Salah satunya populer dengan sebutan lolok atau kerjinan kayu dengan bentuk penis pria. 

Kalau di daerah lain mungkin banyak yang menganggap tabu dan aneh. Tapi di Bali jenis kerajinan seperti itu sudah biasa. Lolok ini materialnya dari kayu biasa yang sengaja orang Bali bentuk menjadi macam-macam jenis barang. Dari mulai pembuka tutup botol, gantungan kunci, hingga asbak dari Bali.

Banyak wisatawan yang ingin beli sebagai oleh-oleh. Khususnya asbak bali karena bentuknya sangat menarik dan jadi ciri khas sendiri. Bukan hanya turis lokal saja, peminat kerajinan itu juga orang-orang luar negeri yang berwisata ke Bali. 

Lolok Punya Filosofi Sendiri

Apabila Anda berpikir jika kerajinan kayu lolok yang berbentuk penis pria itu vulgar atau tidak pantas, bagi orang bali justru sebaliknya. Menurut masyarakat Bali, justru Lolok ini punya nilai filosofi sendiri. Sebagai informasi saja, Lolok adalah bahasa bali yang memang artinya adalah alat kelamin pria.

Mengapa punya nilai filosofi sendiri? Lolok nyatanya berasal dari artefak sejarah yang populer dengan istilah “lingga”. Konon katanya lingga ini punya bentuk yang sangat mirip dengan lolok. Anda bisa jadi tidak menyangka jika Lolok juga telah populer lebih dulu sejak jaman kuno. Bukan hanya di Bali, tapi seluruh dunia pun tahu.

Lolok adalah lambang atau simbol kesuburan. Bisa berarti mereka yang membeli lolok akan mendapatkan keberuntungan. Bagaimana? Sudah cukup tertarik untuk coba membelinya? Selain dapat kerajinannya sekaligus keberkahan buat Anda. 

Selain itu, Lolok juga merupakan atribut dari dewa dengan tingkatan paling tinggi bagi umat Hindu. Dewa Siwa Lingga adalah julukannya. Banyak yang bilang juga jika pada jaman dulu pria yang menggunakan aksesoris seperti ini akan mendapatkan perlindungan dari para roh jahat.

Jangan salah, sejak dulu sudah banyak pria yang pakai aksesoris benda yang mirip lolok. Seperti kalung atau gantungan yang biasa mereka kenakan kemana-mana. Bukan hanya sebagai aksesoris tapi juga pelindungan diri.

Semakin berkembangnya jaman, benda-benda ini pun tetap ada. Orang-orang melakukan dekorasi untuk semakin mempercantik tampilannya. Sekarang Anda bisa menemukan lolok jadi banyak barang berkelas. Dari gantungan kunci unik, asbak, kalung, dan masih banyak lagi.

Harga Kerajinan Asbak Bali Bentuk Lolok

Sudah ada minat untuk coba beli kerajinan lolok di Bali? Apabila Anda ada kesempatan kesana, pastikan untuk beli oleh-oleh lolok khususnya asbak bali. Harganya bergantung dengan besar kecilnya ukuran souvenir itu sendiri.

Souvenir lolok dengan ukuran besar biasanya harganya sekitar 100 ribu rupiah. Sementara yang kecil umumnya penjual tawarkan dengan harga lebih murah yaitu 50 ribu rupiah. Anda bisa menemukannya di sejumlah art shop kawasan Kuta seperti Seminyak, Legian, atau Jalan Kartika Plaza. 

Itu dia tadi sekilas tentang asbak bali bentuk lolok yang fenomenal di Bali. Bentuknya yang unik sedikit vulgar sangat cocok untuk oleh-oleh pulau Dewata.

Leave a Reply

Your email address will not be published.