Kamu Penggemar Korea? Wajib Tahu Sejarah Drama Korea Hingga Booming di Indonesia

Apakah kamu  tahu bagaimana sejarah drama Korea masuk ke Indonesia? Drama Korea bukanlah hal yang asing lagi bagi penikmat hiburan di Indonesia, terutama di kalangan milenial. Hal ini tidak lepas dari terjadinya Korean Wave atau gelombang budaya Korea seperti musik, film, dan drama Korea (K-Drama) yang telah melanda dunia, termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri K-Drama mulai masuk pada awal tahun 2000-an.

Sejarah Perjalanan Drama Korea

Serial drama di Korea, mulai diproduksi pada tahun 1960-an. Drama tersebut berjudul Backstreet of Seoul yang tayang pada tahun 1962 di salah satu saluran TV Korea KBS (Korean Broadcasting System). Drama tersebut berisi tentang dukungan terhadap pemerintahan militer yang saat itu sedang berkuasa. Saat itu, film yang diproduksi haruslah mendukung pemerintahan dan sarat akan muatan politik.

Perkembangan drama berikutnya terjadi pada tahun 1970-an. Banyak serial drama bermuatan cerita kehidupan sehari-hari masyarakat. Pada masa ini pemerintah semakin memperketat penyensoran dan hanya memperbanyak penayangan tayangan edukasi.

Pembatasan dan ketatnya penyensoran pada industri film mulai melonggar pada tahun 1990-an, sehingga mulai banyak muncul berbagai genre film yang diproduksi. Pada masa ini perkembangan film serial drama mulai meningkat tajam. Hingga akhirnya perkembangan peminat drama Korea semakin masif dan tersebar ke seluruh dunia beriringan dengan tersedianya layanan video online yang berperan membawa fenomena Korean Wave.

Baca Juga : Ini Dia Rekomendasi Drama Korea Terbaru 2022

Korean Wave

Berkembangnya peminat dan tren drama Korea, tidak lepas dari fenomena Korean Wave atau Hallyu yang melanda dunia. Korean Wave sendiri merupakan istilah yang diberikan untuk mewakili penyebaran budaya Korea seperti drama, film, TV show, musik, dan kebudayaan lain yang tersebar ke berbagai negara di belahan dunia.

Hal ini terjadi karena pemerintah Korea Selatan telah menggarap dengan serius pengembangan sektor industri hiburan yang dapat membawa pengaruh besar bagi pendapatan negara Korea. Maka tak heran jika pengembangan dan penyebaran industri hiburan Korea terjadi cukup pesat.

Sejarah K-Drama Masuk ke Indonesia

K-Drama sendiri merupakan drama produksi Korea yang ditayangkan di televisi dan biasanya terdiri dari beberapa episode. Seiring dengan masifnya budaya Korea yang menyebar ke berbagai belahan dunia, hal ini juga membawa K-Drama masuk ke Indonesia.

Drama Korea pertama kali masuk ke Indonesia setelah ditayangkannya drama yang berjudul ‘Endless Love’ yang tayang di salah satu TV swasta di Indonesia.  Drama ini mampu menarik minat masyarakat karena alur cerita yang ditawarkan mampu menyentuh hati. Kesuksesan drama Endless Love akhirnya membawa drama-drama Korea yang lain ditayangkan di televisi Indonesia.

Drama- drama yang muncul setelahnya antara lain Full House, Boys Before Flower, dan berbagai judul lainnya. Selain drama Korea, perkembangan musik Korea atau KPop juga terjadi secara masif dan membawa tren baru bagi dunia hiburan di Indonesia yang memunculkan boyband dan girl band yang mengadopsi tren boyband dan girl band Korea.

Hingga hari ini perkembangan drama Korea semakin pesat dan beragam, tentu saja hal ini tidak bisa lepas dari sejarah munculnya drama Korea itu sendiri. Meski tidak lagi sering ditayangkan di televisi, saat ini telah banyak sekai platform-platform penyedia film yang menayangkan drama Korea terbaru dan dapat diakses dengan mudah oleh para penikmat K-Drama seperti Netflix, VIU, Disney+ Hotstar, dan berbagi saluran penyedia video online lainnya.

3 thoughts on “Kamu Penggemar Korea? Wajib Tahu Sejarah Drama Korea Hingga Booming di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.