Permainan Bola Voli Diciptakan Oleh Siapa? Cari Tahu Jawabannya Disini

permainan bola voli diciptakan oleh

Permainan bola voli menjadi salah satu olahraga yang banyak diminati dan diajarkan dalam pelajaran olahraga di sekolah. Permainan ini terdiri dari dua tim yang masing-masing berjumlah 6 orang. Selain itu, permainan bola voli dapat Anda mainkan di luar ruangan dengan setiap wilayah pertahanan dibatasi oleh net. Lalu, permainan bola voli diciptakan oleh siapa?

Baca juga: Panjang Meja Tenis Meja Adalah? Simak Ukuran Standar Internasionalnya Disini

Inilah Nama Pencipta dari Permainan Bola Voli

Permainan bola voli diciptakan oleh William C. Morgan yang merupakan seorang direktur pendidikan jasmani olahraga dari Young Man Christian Assosiation (YMCA). Bola voli ini pertama kali muncul pada tahun 1895 di Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat.

YMCA sendiri merupakan suatu organisasi yang mengajarkan agama kepada para pemuda kristen yang mulai didirikan oleh Geoge William pada tahun 1884 di London.

Awalnya, William C. Morgan menciptakan permainan bernama mintonette yang diadaptasi dari beragam macam olahraga, seperti bola basket, tenis, baseball dan bola tangan.

Ia menciptakan permainan itu setelah bertemu dengan James Naismith, seorang pencipta permainan bola basket.

Kemudian, pada tahun 1896, permainan mintonette mulai didemontrasikan dalam pertandingan International YMCA Training School. Setelah melihat pertandingan tersebut, seseorang bernama Alfers T Hastel kemudian mengubah nama permainan mintonette menjadi Volleyball (bola voli).

Sesuai namanya, Volley merupakan sebuah permainan yang menggunakan bola dengan cara dipukul dan harus melambung ke atas, tanpa menyentuh tanah.

Pada tahun 1992, YMC mulai mengadakan kompetisi nasional bola voli di Amerika Serikat. Kemudian, setelah perang dunia ke-2, permainan ini mulai populer di wilayah Eropa, Asia bahkan seluruh dunia. Sehingga, mulailah berdiri IVBF atau International Volley Ball Federation yang berdiri pada tahun 1948.

Kemunculan Bola Voli di Indonesia

Bola voli pertama kali masuk ke Indonesia karena diperkenalkan oleh Belanda. Saat itu, Belanda sengaja meminta para guru olahraga untuk mengembangkan permainan bola voli di kalangan muridnya. Sehingga, permainan ini mulai tumbuh pesat dan berkembang di kalangan masyarakat Indonesia.

Dikarenakan permainan bola voli banyak disukai oleh rakyat Indonesia, maka berdirilah PBVSI atau Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia pada tahun 1995 di Jakarta bertepatan dengan kejuaraan Nasional. 

Beberapa Teknik Dasar dalam Permainan Bola Voli

Setelah mengetahui bahwa permainan bola voli diciptakan oleh William C. Morgan, kini saatnya Anda mengetahui teknik dasar yang terdapat dalam permainan itu sendiri, yaitu:

  • Passing Bawah dan Passing Atas

Passing bawah seringkali digunakan sebagai umpan bola kepada tim maupun menahan serangan dari tim lawan. Sementara passing atas digunakan untuk memberikan umpan yang berada di depan net.

  • Servis Atas dan Servis Bawah

Servis merupakan pukulan bola yang biasa digunakan dalam pembukaan atau awal permainan bola voli. Selain itu, servis ini juga dimanfaatkan untuk menghentikan pertahanan tim lawan melalui gerakan atas maupun bawah.

  • Smash

Teknik dasar smash adalah salah satu teknik pukulan dalam bola voli yang dilakukan dengan cepat dan keras untuk menyerang lawan dengan cara melewati net.

  • Blocking

Blocking menjadi teknik dasar lanjutan yang terdapat dalam bola voli. Tujuannya adalah supaya bola voli bisa menembus net dalam daerah pertahanan, yaitu melalui penahanan pukulan dari tim lawan.Melalui informasi di atas, kini Anda sudah mengetahui bahwa permainan bola voli diciptakan oleh William G. Morgan. Permainan ini sangat menyenangkan dan sudah pasti Anda pelajari dari sekolah, baik SD, SMP maupun SMA sederajat, bukan?

Baca juga: Induk Organisasi Bola Basket di Indonesia Adalah Perbasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.