Fornounce

Mengenal Portal Pengguna Jasa Bea Cukai dan Cara Registrasinya

portal pengguna jasa

portal pengguna jasa

Bagi Anda yang memiliki pengalaman berbelanja di luar negeri, pasti sudah tidak asing dengan Portal Pengguna Jasa, bukan? Portal ini merupakan salah satu layanan dari Bea Cukai. 

Baca juga: Cara Mengisi Skema Raja yang bisa Anda Ikuti

Tentunya, Bea Cukai sendiri merupakan ‘gerbang’ dari lalu lintas keluar masuk beragam produk luar negeri ke dalam negeri. Tugas dari Portal Jasa adalah untuk mengawasi apakah dari barang yang masuk ke dalam negeri adalah produk legal atau ilegal. 

Jika Anda masih belum mengenal Portal Jasa secara mendalam, maka bisa simak ulasan berikut ini.

Pengertian Portal Pengguna Jasa 

Portal Pengguna Jasa merupakan salah satu sistem yang terintegrasi dengan seluruh layanan dari DJBC (Dirjen Bea Cukai) untuk semua pengguna jasa yang sifatnya publik. Melalui portal ini, seluruh pengguna jasa dapat mengakses segala informasi kapan dan dimana saja, asalkan terhubung dengan internet.

Sistem yang berbasis web ini terdiri dari beragam subsistem atau modul terintegrasi. Beberapa subsistem itu yakni, modul registrasi kepabean, modul pengaduan, modul layanan seperti bea cukai online dan perizinan online, PEB (Pemberitahuan Ekspor Barang), serta modul informasi PIB (Pemberitahuan Impor Barang).

Melalui website Portal Pengguna, para pelaku bisnis dapat melihat status PIB terkini yang sudah diajukan serta melacak jejak proses dokumen. 

Dalam hal ini, Portal Jasa menggunakan mekanisme bernama Single Sign On (SSO). Sehingga, hanya dengan satu user ID dan kata sandi, para pengguna portal dapat mengakses semua fitur dalam aplikasi DJBC secara praktis dan mudah.

Fitur yang Ada dalam Portal Pengguna Jasa

Berikut ini merupakan beberapa fitur Portal Jasa yang harus Anda ketahui, yaitu:

Sebelum mulai menggunakan jasa serta melakukan kegiatan yang berhubungan dengan Kepabeanan dan Cukai, Anda wajib melakukan registrasi kepabeanan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan supaya Anda dapat memiliki Nomor Induk Kepabeanan atau NIK melalui sistem registrasi itu sendiri. 

NIK yang telah Anda buat akan menjadi identitas dari setiap kegiatan yang dilakukan nanti.

Fitur Layanan Kepabeanan dan Cukai akan membantu Anda untuk bisa mengakses beragam layanan online yang ada dalam Portal Jasa. Beberapa layanan online itu adalah submit dokumen pelengkap, sistem perizinan online, serta sistem aplikasi cukai online.

Dalam fitur ini, Anda bisa melihat beragam fitur lainnya, seperti akses browse data manifes, data PIB, Data PEB dan data utang.

Dalam fitur Portal Jasa ini, Anda dapat melakukan publikasi informasi terkait data-data yang secara tetap digunakan dalam berbagai sistem. Misalnya, data gudang, data kurs, data satuan hingga data pelabuhan.

Fitur ini dapat membantu Anda untuk menyampaikan pengaduan terkait Bea Cukai. Tentu saja, tanggapan informasi yang diberikan pun akan diberikan secara realtime.

Cara Melakukan Registrasi Portal Pengguna Jasa

Demikian ulasan mengenai Portal Pengguna Jasa yang bisa Anda manfaatkan untuk kegiatan ekspor maupun impor.

Baca juga: Kenali Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui

Exit mobile version