Manfaat Mainan Popit Yang Sedang Viral Bagi Anak-anak

Anda pernah dengar mainan popit yang sekarang sedang viral? Mainan ini sebenarnya punya banyak manfaat buat Anak-anak. Seperti apa sebenarnya popit itu? Apabila Anda sering beli barang secara online, bagian packagingnya biasanya ada bubble wrap bukan? Tak jarang, anak-anak justru memainkannya. 

Baca juga: Rekomendasi Mangatoon Novel Romantis Terbaik dan Menyentuh

Mereka akan berusaha memecahkan bubble wrap-nya karena cukup menyenangkan. Sekarang Anda tidak perlu harus menunggu paket datang untuk menyenangkan si kecil. Ada mainan popit bubble yang saat ini lumayan viral di media sosial. 

Mainan dengan banyak warna ini serupa dengan bubble pada plastik bubble wrap. Faktanya selain menyenangkan, mainan ini juga sangat mengedukasi anak-anak. Apa saja manfaat dari permainan popit bagi anak-anak? Ikuti penjelasan selengkapnya di bawah ini. 

Menghibur

Sebenarnya wajar jika setiap mainan harus bisa menghibur para penggunanya. Tapi mainan popit ini memang memberikan manfaat itu untuk anak-anak. Mereka bisa memainkan popit di sela-sela keseharian supaya tidak jenuh. 

Popit juga bisa menjadi alternatif jenis mainan baru. Sehingga anak-anak tidak cepat bosan main permainan yang itu-itu saja. 

Meningkatkan Perkembangan Sensorik

Kemampuan motorik dan sensorik anak ada kaitannya dengan bagaimana cara Anda untuk melatih kognitifnya. Hal ini juga termasuk berkomunikasi dan bersosialisasi. Anda harus tahu dengan memainkan popit, secara tidak langsung dapat melatih perkembangan sensorik dan motorik anak sejak diini. Bahkan sekaligus juga melatih perkembangan otot si kecil. 

Penghilang Stres

Mainan popit juga bisa menjadi penghilang stres yang paling ampuh. Bukan hanya anak-anak, orang tua juga dapat mencobanya sendiri. Dengan memencet gelembung pada silicon pada permainan popit, anak akan merasa puas dan sedikit lupa dengan rasa penat.

Salah satu yang buat puas adalah adanya suara khas yang keluar dari gelembung. Oleh karena popit dari material silicon, mainan ini dapat Anda cuci dan bisa Anda pakai lagi. Sehingga awet dan tahan lama. 

Meredakan Kecemasan

Anak-anak pun sama dengan orang dewasa pada umumnya. Selain stres, penat, bosan, di beberapa waktu anak juga merasa adanya gangguan kecemasan pada dirinya. Popit ini dapat membantu mengatasi permasalahan itu.

Maka jangan heran, popit biasanya bermanfaat bagi anak-anak atau remaja dengan keluhan autisme, ADD dan ADHD. Pasalnya permainan ini nyatanya mampu menenangkan penderita penyakit tersebut. 

Membangun Bonding Antar Orang Tua dan Anak

Popit juga dapat membantu meningkatkan bonding antar orang tua dan anak sejak dini. Seperti penjelasan sebelumnya, saat anak-anak mencoba main popit ini, orang tua sebenarnya juga bisa ikut. Dari sana akan ada jalinan relasi yaitu bonding antara orang tua dan anak. 

Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi Anak

Gerakan serta input sensori sangat berguna khususnya bagi perkembangan otak anak. Banyak penelitian yang membuktikan jika anak-anak dapat mengontrol gerakan meraka terutama saat stress maka pasti mampu meningkatkan konsentrasinya. 

Sudah banyak studi kasus yang membuktikan jika siswa yang main popit pelan-pelan meningkat prestasinya. Ini berarti popit adalah kategori permainan yang tidak hanya berfungsi sebagai penghilang stres belaka. Namun juga dapat menjadi peningkat fokus dan konsentrasi anak.

Membangun Suasana Menyenangkan

Permainan popit juga bukan hanya ampuh untuk meningkatkan fokus dan konstrasi anak. Salah satu mainan viral ini pun mampu membuat pikiran anak sedikit istirahat. Baik orang tua atau guru di sekolah harus pandai membagi waktu antara belajar dan bermain. 

Saat tiba waktunya main, popit ini dapat membuat suasana jadi lebih menyenangkan. Nantu, saat harus belajar lagi, anak-anak akan lebih mudah menyerap pengetahuan. 

Demikian tadi manfaat mainan popit buat anak-anak. Tidak ada salahnya Anda memberikan mainan ini untuk buah hati.

Baca juga: Bagaimana Sikap Seorang Pelajar Dalam Menghargai Peninggalan Sejarah?

Leave a Reply

Your email address will not be published.