Kenapa Saat Haid Tidak Boleh Dekat Dengan Cowok?

haid

Haid atau menstruasi merupakan salah satu tanda pubertas bagi wanita, normalnya terjadi setiap bulan hingga memasuki masa menopause. Kebanyakan wanita akan mengalami mood swing, rasa nyeri di sekujur tubuh, nafsu makan yang meningkat, pusing, dan bahkan nafsu untuk berhubungan badan. Itu disebabkan oleh perubahan hormonal yang mengharuskan wanita belajar mengontrol dirinya agar tidak menuruti keinginan tersebut. Kira-kira kenapa saat haid tidak boleh dekat dengan cowok ya?

Saat haid, Anda mungkin pernah mendengar beberapa larangan, salah satunya adalah larangan berdekatan dengan cowok. Anda perlu tahu alasannya. Selain itu, berikut ada beberapa larangan saat haid menurut Islam dan menurut kedokteran untuk disimak.

Wanita Merasa Lebih Bergairah Saat Haid

Selain keluarnya perdarahan rutin, wanita yang sedang haid juga mengalami banyak hal. Seperti gairah seks yang lebih meningkat, mungkin hampir setiap kali haid atau beberapa kali Anda rasakan. Selama fase tersebut, hormon estrogen, testosteron, dan progesteron punya pengaruh penting dalam meningkatkan gairah seks. Hal ini terbukti dalam sebuah penelitian yang dibahas oleh Hormones and Behavior.

Dikatakan bahwa jumlah hormon yang berubah dalam tubuh saat periode haid dibandingkan hari-hari biasa berhubungan dengan perubahan libido wanita. Makanya saat haid Anda sering merasakan hasrat seksual yang tinggi. Peningkatan libido disebabkan hormon estrogen membuat hasrat untuk berhubungan badan.

Lalu, apakah boleh berhubungan intim saat menstruasi? Walau terdengar tidak umum, sebetulnya tidak masalah kalau ingin berhubungan intim. Dilansir dari situs Healthline, bahkan ada manfaat-manfaat yang didapatkan wanita. Mulai dari mempersingkat waktu haid, mengurangi rasa perut kram, membantu mengatasi sakit kepala, hingga menjadi lubrikasi atau pelumas alami.

Meskipun bermanfaat berhubungan seks saat haid juga punya efek samping. Pertama, Anda dan pasangan mungkin kurang nyaman dengan banyaknya darah yang keluar dari organ intim. Kedua, berhubungan seks saat haid juga berisiko meningkatkan infeksi herpes, HIV, HPV, sipilis, gonore, dan penyakit lainnya. Kondisi ini bisa terjadi jika ada virus penyebab penyakit tersebut hidup dalam darah dan berpindah karena kontak dengan darah haid.

Untuk menghindari hal-hal yang menyebabkan masalah kesehatan, sebaiknya kesampingkan gairah seksual Anda. Islam sendiri melarang wanita berdekatan dengan lawan jenis saat haid meskipun suaminya sendiri. Berdasarkan QS Al Baqarah ayat 222, saat wanita sedang haid maka ia diharamkan untuk berjima atau berhubungan intim dengan suaminya.

Wanita Bisa Tetap Hamil Saat Menstruasi

Kalau Anda pernah mendengar kabar wanita menstruasi tidak akan hamil saat berhubungan seks maka itu hanyalah mitos. Karena menurut medis, tidak semua wanita memiliki siklus yang teratur. Ada kemungkinan terjadi pembuahan sperma pada sel telur yang dapat menyebabkan kehamilan. Wanita dengan siklus tidak teratur juga sulit membedakan hari pertama menstruasi. Kalau belum siap memiliki anak, maka tetap gunakan kontrasepsi setiap kali berhubungan badan, meskipun di waktu tersebut Anda sedang menstruasi.

Terlalu mempercayai mitos membuat kewaspadaan Anda mengendur. Kehamilan tentu dapat terjadi jika melakukan hubungan fisik dan proses pembuahan. Namun ada beberapa mitos terkait penyebab kehamilan yang perlu diklarifikasi. Berikut beberapa diantaranya:

·       Ciuman bikin hamil. Tentu itu tidak benar karena air liur dalam mulut tidak mengandung sperma maupun sel telur.

·       Hamil karena tidur bersebelahan dengan lawan jenis. Mitos ini juga sering dipercaya, padahal kalau tidak melakukan penetrasi alias hubungan intim maka kehamilan tidak akan terjadi.  

·       Hamil setelah berenang karena sperma dalam air dapat menembus pori-pori. Hal ini sama sekali tidak benar.

Wanita Bisa Jadi Sangat Sensitif Selama Haid

Wanita tidak hanya merasakan gejala fisik ketika menstruasi, tetapi juga gejala emosional. Mereka cenderung lebih sensitif dan mengalami perubahan suasana hati yang buruk. Sebaiknya Anda menjaga jarak aman dengan pasangan kalau tidak ingin melampiaskan amarah pada mereka.  

Untuk menjaga mood saat menstruasi, Anda dapat mencoba beberapa hal berikut:

·       Rutin berolahraga

·       Hindari mengkonsumsi minuman beralkohol dan hindari rokok

·       Perbanyak asupan cairan tubuh

·       Sediakan camilan sehat

·       Hindari makanan dan minuman berkafein

·       Konsumsi susu rendah lemak

Larangan Haid Menurut Islam dan Ilmu Medis

Dalam Islam, wanita yang sedang menstruasi tidak diperbolehkan melakukan beberapa hal. Seperti shalat, membaca al-qur’an, menunda tawaf, berpuasa, dan berhubungan seksual sampai kembali bersih. Sementara menurut ilmu medis, ada beberapa larangan yang perlu diketahui terkait infeksi yang dapat ditimbulkan saat haid.

·       Malas mengganti pembalut dapat menyebabkan infeksi dan ruam di daerah kemaluan. Saat darah keluar sedang banyak-banyaknya, Anda harus rajin mengganti pembalut untuk mencegah terjadinya infeksi pada vagina.

·       Mengonsumsi alkohol menimbulkan sejumlah efek negatif seperti dehidrasi, diare, mual, sakit kepala, dan kelelahan.

·       Makan makanan mengandung garam seperti camilan asin, kentang goreng dan sejenisnya. Sebaiknya dihindari karena berpotensi memperparah kram perut.

·       Jangan bekerja terlalu keras dan tetap berolahraga saat haid untuk meredakan rasa nyeri yang muncul.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Haid

Salah satu hal yang harus dihindari ketika haid adalah kebiasan buruk yang menimbulkan efek negatif bagi kesehatan wanita. Kalau Anda tidak ingin mengambil resiko, tentu harus menghilangkan kebiasaan tersebut, bukan? Sebagian wanita memang tidak menyadari dampaknya nanti, guna mencegah hal tersebut Anda perlu menyimak informasi berikut:

·       Mencukur rambut kemaluan menjelang haid.

·       Tidak mengonsumsi obat-obatan tanpa resep dokter.

·       Jangan nonton film yang menguras emosi.

·       Melakukan olahraga ringan.

·       Minum lebih banyak air putih.

·       Tetap berpikir positif.

·       Sempatkan tidur siang.

Itulah beberapa alasan kenapa saat haid tidak boleh dekat dengan cowok. Larangan saat haid lainnya juga dianjurkan untuk membantu Anda menjaga kesehatan diri. Nah, sudah tahu kenapa saat haid tidak boleh dekat dengan cowok ya?

Baca Juga: Pengetahuan Vaksin Booster di Indonesia

2 thoughts on “Kenapa Saat Haid Tidak Boleh Dekat Dengan Cowok?

Leave a Reply

Your email address will not be published.