Inilah Arti Simbol Arus Listrik Induktansi Oksigen, Tegangan Listrik, Elektron, Uranium yang Perlu Anda Tahu

simbol arus listrik induktansi oksigen tegangan listrik elektron uranium

Saat ini, banyak sekali orang yang mencari tahu arti simbol arus listrik induktansi, oksigen, tegangan listrik, elektron, uranium. Pasalnya, istilah-istilah itu sudah dibahas di sekolah dalam pelajaran IPA. Bagi Anda yang ingin tahu arti dari simbol tersebut, maka bisa simak ulasan berikut ini.

Baca juga: Kenapa Wifi Tidak Ada Internet? Padahal Sudah Dibayar

Mengenal Simbol Arus Listrik, Induktansi, Oksigen, Tegangan Listrik, Elektron, Uranium

Bagi Anda yang masih berstatus sebagai pelajar, pasti pernah mendengar terkait istilah besaran arus listrik, induktansi, oksigen, tegangan listrik, elektron serta uranium. Sebab, istilah ini termasuk dalam mata pelajaran IPA yang dipelajari di bangku sekolah, mulai dari Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, hingga Sekolah Menengah Atas.

Tentunya, setiap istilah tersebut memiliki arti serta simbol yang berbeda. Nah, daripada penasaran apa itu arti dari simbol arus listrik induktansi, oksigen, tegangan listrik, elektron, uranium, maka bisa simak penjelasannya berikut.

1.    Arus Listrik

Besaran arus listrik merupakan sebutan yang digunakan dalam menyatakan jumlah muatan listrik yang mulai timbul akibat pergerakan elektron-elektron pada satu rangkaian listrik. Biasanya, muatan listrik ini mulai dihitung serta diukur dalam satu satuan waktu tertentu.

2.    Induktansi

Sementara itu, induktansi merupakan konstanta yang berasal dari rangkaian elektronika tertentu. Adapun arti induktansi sendiri terdapat dalam buku bertajuk Rangkaian Listrik: Edisi Keenam yang telah disusun oleh William H. Hayt, Jr., Jack E. Kemmerly, Steven M Durbin (2005:185).

Dalam buku tersebut, dijelaskan bahwa induktansi merupakan suatu konstanta kesebandingan yang dapat menghubungkan besaran tegangan serta besaran perubahan dari arus. Selain itu, induktansi sendiri memiliki lambang simbol huruf L.

3.    Oksigen

Oksigen memiliki lambang simbol O yang memiliki arti sebagai unsur non logam, dimana mudah bereaksi bersama unsur-unsur yang ada di alam.

4.    Tegangan Listrik

Selanjutnya, arti dari tegangan listrik merupakan suatu tegangan yang bekerja pada elemen maupun komponen dari satu kutub menuju kutub lainnya. Tentunya, komponen yang dimaksud dapat menggerakan muatan listrik itu sendiri.

5.    Elektron

Berikutnya ada elektron yang dikenal sebagai partikel sub atom dengan muatan berjenis negatif. Umumnya, elektron memiliki simbol berlambang huruf E.

6.    Uranium

Dalam tabel periodik, Uranium memiliki lambang simbol huruf U dengan arti sebagai bagian dari unsur kimia. Dalam hal ini, unsur yang terdapat dalam uranium merupakan bagian dari kategori logam radioaktif.

Selain itu, melansir dari buku bertajuk Toksikologi Lingkungan karya Dantje T.Sembel, B.Agr.Sc.,pH.D. (2015:165) menyebutkan bahwa Uranium merupakan suatu unsur kimia yang memiliki simbol U dengan berat atom 92, lalu memiliki warna perak keputihan, dan memiliki bentuk logam radioaktif.

Tak hanya itu saja, buku tersebut juga menjelaskan bahwa uranium memiliki sifat lemah, lunak, mudah dibentuk, elektropositif serta paramagnetik. Walaupun begitu, uranium juga cukup kuat, namun sifat konduktor elektrik yang dimilikinya cukup lemah.

Dari pengertian di atas, dapat tersimpulkan bahwa simbol arus listrik induktansi, oksigen, tegangan listrik, elektron, uranium dapat disingkat menjadi I, L, O, V, E, U. Tentunya, susunan simbol dari besaran itu dapat memudahkan para pelajar untuk mengingat sekaligus menghapalnya.

Itulah penjelasan mengenai arti dari simbol arus listrik induktansi, tegangan listrik, elektron, uranium yang dapat Anda ketahui secara lengkap. Jika Anda sedang mempelajari mata pelajaran ini di sekolah, pastikan untuk mengingat susunannya, supaya mudah dihapal dan diingat secara terus menerus.

Leave a Reply

Your email address will not be published.