Induk Organisasi Senam Di Indonesia adalah PERSANI

induk organisasi senam indonesia adalah

Senam adalah salah satu cabang olahraga yang sangat menarik dan juga indah. Indonesia sendiri senam merupakan olahraga yang memiliki prestasi cukup banyak. Induk organisasi senam di Indonesia adalah PERSANI atau Persatuan Senam Indonesia. Dimana nyatanya ada sejarah panjang dari olahraga senam ini.

Baca juga: Bagaimana Sikap Seorang Pelajar Dalam Menghargai Peninggalan Sejarah?

Sejarah Berdirinya Induk Organisasi Senam di Indonesia adalah PERSANI

Sebagai induk organisasi senam di Indonesia, PERSANI memiliki sejarah yang cukup panjang. Tapi, sebelum membahasnya kita harus tahu terlebih dahulu bagaimana sejarah dari senam ini sendiri di Indonesia.

Senam masuk pertama kali di Indonesia pada tahun 1912 dan kala itu negara kita masih dijajah oleh Belanda. Olahraga senam sendiri sudah menjadi pelajaran wajib dalam pendidikan jasmani saat itu. Semula senam yang diajarkan mengikuti sistem Jerman, namun semenjak 1916 diganti menjadi sistem Swedia.

Orang yang membawa pertama kali sistem Swedia untuk senam ini sendiri adalah seorang angkatan laut yang berpangkat perwira kesehatan dan bernama Dr. H. F. Minkema. Dipercaya pertama kali olahraga senam disebar adalah dari Kota Bandung.

Kemudian, perkembangan senam ini sempat terhenti karena satu peristiwa besar, yaitu ketika Indonesia dijajah oleh Jepang. Kala itu, Negara Matahari Terbit melarang adanya kegiatan senam dimanapun. Mengingat kondisi pada saat itu tidaklah kondusif, maka tidak ada yang mencari cara untuk menghidupkan senam lagi.

Setelah Indonesia merdeka pun tidak ada pergerakan pasti. Namun, titik cerah terlihat pada tanggal 14 Juli 1963. Dimana tahun tersebut berdirilah PERSANI dan R. Suhardi menjabat sebagai ketua. Adanya organisasi yang menaungi senam, maka secara otomatis perkembangan dari olahraga ini juga semakin maju.

Kemudian tokoh-tokoh yang ada di Pulau Jawa pun mulai menjadi promotor dan membentuk pelatihan agar atlet senam kala itu bisa ikut bertanding. Salah satunya adalah dalam kompetisi GANEFO. Tidak hanya itu saja, pelatihan pun ditujukan untuk Konferensi Asia Afrika pertama. Dengan adanya tujuan jelas inilah pelatih–pelatih dari RRC didatangkan oleh pihak PERSANI.

Sayang, program pelatihan yang bekerja sama dengan pihak RRC ini harus dihentikan. Hal ini karena adanya peristiwa G30S yang menyebabkan pelatih dari negara tersebut harus kembali. Kondisi yang tidak memungkinkan karena adanya intrik dalam negeri membuat senam tidak berkembang dengan semestinya.

Walau pada akhirnya di tahun 1969, olahraga senam masuk dalam cabang PON. Namun, tetap saja tidak ada perkembangan yang menakjubkan. Hal ini sendiri karena kurangnya alat yang dibutuhkan untuk berlatih serta tidak adanya pelatih yang bisa mengajari semua atlet. Sehingga dalam perkembangan awal senam sangatlah lambat sekali.

Tugas dari PERSANI

Sebagai salah satu induk dari cabang olahraga, PERSANI mempunyai tugas dan fungsinya sendiri. Dimana sangatlah penting agar bisa mengembangkan senam di Indonesia. Berikut ini adalah tugas dan fungsinya:

  1. Membina atlet

Tugas pertama dari PERSANI adalah dengan melakukan pembinaan terhadap seluruh atlet yang tergabung dalam organisasi. Pembinaan ini sendiri dilakukan agar para atlet dapat berkembang dan mampu memberikan sumbangsihnya kepada negara.

  1. Mencapai puncak prestasi

Tugas kedua adalah memaksimalkan serta berusaha dengan keras agar senam bisa mencapai puncak prestasi baik dalam kompetisi lokal atau internasional sehingga bisa mengharumkan nama negara.

Demikianlah penjelasan singkat akan induk organisasi senam di Indonesia adalah PERSANI yang ternyata mempunyai sejarah dan tugas penting agar olahraga ini bisa berkembang menjadi lebih baik dan mampu memberikan presentasi kepada negara.

Deskripsi: induk organisasi senam di Indonesia adalah PERSANI yang didirikan pada tahun 1963.

Leave a Reply

Your email address will not be published.