Ekspetasi Adalah Pengharapan yang Besar, Cari Tahu Arti dan Contoh Lengkapnya

ekspetasi adalah

Ekspetasi adalah suatu pengharapan, keinginan serta cita-cita yang besar dari seseorang terhadap sesuatu. Saat berusaha untuk mencapainya, banyak orang yang mengorbankan segala hal, baik tenaga maupun materi sebagai bentuk dari usaha.

Baca juga: Bagaimana Dengan Nasib Hewan Hewan yang Hidup di Hutan Jika Dirusak

Seringkali ekspektasi tidak sejalan dengan realita yang ada. Tentu saja, hal ini menimbulkan dampak buruk bagi seseorang. Meskipun begitu, ada juga ekspektasi yang berhasil dicapai dan memberikan kebahagiaan penuh terhadap seseorang. 

Bagi Anda yang masih bingung dengan ekspektasi, maka bisa simak pengertian dan contoh lengkapnya berikut ini.

Mengenal Arti Ekspektasi Menurut Para Ahli

KBBI mengungkapkan bahwa ekspetasi adalah suatu pengharapan. Selain itu, beberapa ahli juga membeberkan arti dari ekspektasi, yaitu:

  • Fleming dan Levie (1981)

Fleming dan Levie mengungkapkan bahwa ekspetasi adalah suatu cita-cita, keinginan atau harapan terhadap sesuatu yang mana untuk bisa menggapainya, membutuhkan suatu tindakan nyata dari seseorang.

  • Anderson dan Chambers (1985)

Ekspetasi adalah segala sesuatu yang dipikirkan oleh seseorang terkait apa yang akan mereka peroleh atas kinerja dari suatu produk maupun pelayanan tertentu.

  • Boeree (2005)

Sementara itu, Boeree mengungkapkan bahwa ekspetasi adalah suatu harapan terhadap kesenangan yang sifatnya konstan. Umumnya, ekspektasi timbul dari gagasan yang diyakini datang di masa depan. Kesenangan yang dimaksud seringkali diwujudkan dengan tindakan, namun seringkali tidak pernah diwujudkan.

Contoh Ekspektasi yang Terjadi dalam Kehidupan

Di bawah ini merupakan beberapa contoh dari ekspetasi adalah sebagai berikut.

  • Ekspektasi Terhadap Hubungan dengan Sesama Manusia

Umumnya, ekspektasi yang terjadi dalam hubungan sesama manusia adalah timbulnya perasaan tertarik dengan lawan jenis. Contohnya, seorang pria ingin mendekati seorang wanita dengan ekspektasi bahwa wanita tersebut akan tertarik untuk menjadi kekasihnya.

  • Ekpektasi Terkait Dunia Kerja

Dalam dunia kerja, Anda juga pasti sering menemukan banyak ekspektasi. Misalnya, seorang karyawan memiliki ekspektasi bahwa dirinya bisa mendapatkan jabatan yang lebih tinggi setelah bekerja beberapa tahun dan menunjukkan kinerja bagus.

  • Ekspektasi Terhadap Keadaan Ekonomi

Contoh ekspektasi terhadap keadaan ekonomi biasanya ditampilkan dengan pertumbuhan ekonomi kala itu, seperti tingkat pengangguran yang menurun, meningkatknya UMR dari suatu daerah dan lainnya.

Tips Mengelola Ekspektasi dengan Baik

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, terkadang ekspektasi tidak sejalan dengan realita yang ada. Walaupun Anda sudah berusaha semaksimal dan sebaik mungkin, namun ada saja ekspektasi yang tidak bisa untuk diwujudkan. 

Supaya Anda tidak terlalu merasakan kepahitan akibat eskpektasi yang tidak terwujud, maka bisa lakukan beberapa tips untuk mengelola ekspektasi berikut ini.

  • Tidak Menaruh Ekspektasi Terlalu Tinggi

Ekspektasi seringkali terwujud karena mendapatkan dukungan dari orang lain. Namun, Anda tidak akan pernah tahu isi hati orang lain. Sehingga, jangan sampai menaruh ekspektasi terlalu tinggi kepada mereka, lalu berusahalah dengan ekspektasi sewajarnya saja.

  • Buat Ekspektasi yang Realistis

Sebenarnya, sah-sah saja untuk membuat ekspektasi tinggi, namun Anda tetap harus mengukurnya bahwa ekspektasi yang dibuat harus realistis dan bisa terpenuhi. Pastikan juga bahwa ekspektasi yang Anda buat sesuai dengan kondisi atau keadaan masing-masing, sehingga untuk mewujudkannya tidak akan menelan rasa sakit atau kepahitan.

  • Memaafkan Diri Sendiri dengan Tulus

Saat ekspektasi yang Anda inginkan tidak terwujud, jangan sampai terlalu menyalahkan diri sendiri. Anggaplah bahwa setiap orang memiliki jatah kegagalan serta kesalahan masing-masing, sehingga maafkan diri sendiri dengan tulus. Setelah itu, Anda bisa memulainya lagi dengan ekspektasi yang bisa dijangkau oleh diri sendiri.

Dari informasi di atas, kini Anda sudah tahu bahwa ekspetasi adalah suatu harapan yang dimiliki oleh setiap orang. Pastinya, Anda juga memiliki ekspektasi dalam kehidupan ini, kan?

Baca juga: Kenali Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui

Leave a Reply

Your email address will not be published.