Cara Download Sertifikat Vaksin Begitu Mudah dan Praktis

cara download sertifikat vaksin

Apakah Anda dan masyarakat lain masih butuh sertifikat vaksin? Tentu saja masih perlu mengingat pandemi covid 19 masih belum usai. Sertifikat vaksin covid ini begitu penting. Oleh sebab itu, Anda harus tahu cara download sertifikat vaksin paling mudah. 

Baca juga: Kenapa Sertifikat Vaksin Tidak Muncul? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Hingga sekarang, sertifikat vaksin masih masyakarakat butuhkan untuk mengakses sejumlah layanan dan tempat publik. Saat Anda tak mampu menunjukkan sertifikat itu, artinya tidak dapat masuk fasilitas publik itu. Contohnya saja restoran, lembaga perbankan, taman bermain, dan lainnya. 

Apabila Anda sudah ikut vaksin covid sebanyak 2 kali, artinya punya sertifikat berjumlah 2 buah juga. Nyatanya ada beberapa cara download sertifikat vaksin covid. Berikut penjelasan selengkapnya:

Download Sertifikat Vaksin Via SMS

Anda bisa unduh sertifikat vaksin hanya melalui layanan SMS saja. Begitu mudah dan simple, sehingga Anda bisa mencobanya. Pada umumnya, setelah melakukan vaksin, Anda akan menerima SMS dari nomor 1199. Isinya tentang keberhasilan Anda telah mengikuti vaksinasi pertama.

Selain itu ada juga informasi tentang nama lengkap, nomor NIK, nomor tiket vaksin, serta jadwal dan lokasi vaksinasi tahap kedua. Apabila Anda teliti, pada pesan tersebut juga ada link yang mengarah pada sertifikat vaksin. Klik saja linknya dan unduh sertifikatnya.

Melalui Situs Peduli Lindungi

Tidak suka dengan cara pertama yaitu via SMS? Tenang, masih ada cara kedua yaitu unduh sertifikat vaksin via situs peduli lindungi. Langkah-langkahnya tak kalah mudah kok, ikuti saja panduannya berikut:

  • Buka situsnya dengan alamat https://pedulilindungi.id/ 
  • Nanti pada halaman pertama akan muncul opsi “lihat tiket & sertifikat vaksinasi”
  • Setelah diklik, maka akan ada arahan untuk memasukkan nomor HP. Masukkan saja nomor HP yang dulu Anda pakai daftar program vaksinasi. 
  • Kirim kode OTP dari SMS untuk verifikasi
  • Jika berhasil masuk, lihat bagian samping kiri ada menu “sertifikat vaksin”.
  • Selain sertifikat vaksinasi tahap pertama Anda juga bisa lihat vaksinasi tahap kedua jika memang sudah mengikutinya. 

Cara Download Sertifikat Vaksin Via WhatsApp

Cara download sertifikat vaksin berikutnya bisa dari WhatsApp juga. Ada fitur baru Chatbot WhatsApp sebagai langkah untuk mempercepat respon pengaduan masyarat mengenahi sertifikat vaksinasi. Biasanya memang via email atau call yang cukup memakan waktu. Langkah-langkahnya adalah

  • Buka aplikasi WhatsApp pada perangkat masing-masing.
  • Hubungi nomor chatboot WhatsApp Sertifikat PeduliLindungi.
  • Nanti akan muncul “Selamat datang di WhatsApp resmi Kemenkes RI”
  • Klik opsi “menu utama”
  • Centang “sertifikat vaksin” lalu pilih opsi “kirim”
  • Ada arahan untuk memasukkan nomor HP sesuai yang Anda pakai daftar program vaksin
  • Input 6 digit OTP untuk verifikasi.
  • Masukkan data-data lain seperti nama, NIK, tanggal lahir, tanggal dan jenis vaksinasi.
  • Muncul pilihan sertifikat vaksinasi, silahkan klik saja pada kolom yang Anda butuhkan.

Dari Aplikasi PeduliLindungi

Anda juga pasti sudah tahu tentang aplikasi PeduliLindungi. Cara download sertifikat vaksin juga bisa via aplikasi ini, Setelah buat akun pada aplikasi itu, bisa langsung lihat dan unduh sertifikat vaksin. Caranya adalah klik ikon “profil” yang ada di sebelah kanan kolom “cari zonasi”.

Saat di menu “profil” klik “sertifikat vaksin” dan pilih “periksa”. Berikutnya isi NIK dan nomor HP Anda. Nanti akan langsung muncul sertifikat vaksin tahap satu maupun tahap 2. Apabila ingin mengunduhnya, tinggal pilih saja tahap penyuntikan yang Anda inginkan. 

Setelah itu, klik “Ya” untuk memulai proses unduh. Jika proses unduh berhasil, sertifikat vaksin akan otomatis ada di memori penyimpanan perangkat Anda. 

Baca juga: Pengetahuan Vaksin Booster di Indonesia

Itu dia tadi beberapa cara download sertifikat vaksin paling mudah dan cepat. Pilih saja salah satu jika butuh unduh sertifikat vaksin untuk banyak keperluan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.