Apakah Susu Menambah Berat Badan Sangat Efektif?

susu menambah berat badan

Memiliki badan gemuk memang terkadang bikin tidak percaya diri. Tapi, nyatanya badan kurus pun juga dapat membuat orang tidak percaya diri. Maka daripada itu, banyak sekali orang yang merasa kekurangan berat badan minum susu. Memang ada beberapa brand susu menambah berat badan yang sering dijual. Tapi apakah sangat efektif? Berikut ini adalah penjelasannya:

Baca juga: Madu Zestmag Harga di Apotik dan Juga Manfaatnya

Susu Menambah Berat Badan Sangat Efektif

Berat badan yang kurang memang bisa menyebabkan masalah kesehatan. Mulai dari daya tahan tubuh yang lemah, terkena anemia dan lain sebagainya. Bahkan akibatnya pun akan sangat fatal sekali untuk tubuh. Maka daripada itu menggunakan susu penambah berat badan bisa jadi solusi yang tepat.

Tapi, apakah memang akan efektif? Sebelum memahami lebih jauh, lebih baik Anda tahu dulu apa perbedaan antara susu khusus penambah berat badan dengan susu biasa. Berikut ini adalah penjelasannya:

Kalori

Perbedaan pertama antara susu biasa dengan yang khusus penambah berat badan adalah dari kandungan kalorinya. Dimana dalam susu biasa mengandung sekitar 80 hingga 140 kalori per sat gelas. Sedangkan untuk susu yang khusus penambah berat badan, jumlah kalorinya sangatlah tinggi yaitu hingga mencari 600 hingga lebih.

Protein

Tidak hanya itu saja, kandungan protein pada susu biasa dengan yang menambah berat badan juga sangatlah beda. Protein sendiri sangat penting untuk tubuh agar massa otot bisa berkembang dan mampu memperbaiki beberapa jaringan tubuh. Maka daripada itulah banyak orang yang ingin memperbesar massa otot mengkonsumsi protein tinggi.

Sehingga tidak heran jika dalam susu untuk penambah berat badan kandungan proteinnya lebih banyak daripada susu biasa. Dalam susu biasa, satu gelasnya akan mengandung 5 hingga 8 gram protein. Sedangkan dalam susu yang khusus untuk menambah berat badan, kandungan dari proteinnya mencapai 60 gram dalam satu gelas.

Kandungan lemak serta karbohidrat

Susu juga dikenal sebagai salah satu sumber lemak dan karbohidrat yang memang sangat diperlukan untuk jadi sumber kalori. Kandungan ini pun berbeda antar susu biasa dengan yang khusus untuk menambah berat badan. Dimana dalam susu untuk menambah berat badan hanya ada sekitar 80 hingga 100 gr karbohidrat dan lemaknya sekitar 10 hingga 17 gram. Sedangkan dalam susu biasa jumlahnya tidak sampai angkat tersebut, dimana rata-rata hanya 8 hingga 13 gram karbohidrat dan lemak sekitar 5 hingga 8 gram.

Perbedaan dari semua kandungan yang ada inilah yang membuat susu untuk menambah berat badan memang sering dianjurkan untuk dikonsumsi bagi orang yang kekurangan berat badan.

Tapi, apakah memang sangat efektif? Pada dasarnya susu khusus ini sendiri hanyalah membantu dalam mengatasi kekurangan berat badan. Tentu saja untuk mengkonsumsinya tidaklah boleh sembarangan. Anda harus memperhatikan terlebih dahulu dari segi kebutuhan tubuh.

Karena jika dikonsumsi sembarangan tanpa adanya pengawasan dari dokter dan mengatur pola makan, hasilnya tidak akan efektif. Dimana kemungkinan Anda akan mengalami kegemukan juga jadi semakin besar. Maka daripada itu, perlu sekali untuk diperhatikan dalam menggunakannya.

Apabila Anda ingin mengkonsumsi susu penambah berat badan, imbangi dengan olahraga yang teratur dan juga makan yang sehat. Kemudian, perhatikan juga perkembangannya. Apabila setelah mengkonsumsi malah menimbulkan gejala kesehatan lain, maka lebih baik Anda segera menghentikannya dan konsultasi ke dokter untuk bisa mendapatkan rekomendasi susu yang tepat. Jadi, jangan sembarangan minum susu jenis ini, ya.

Baca juga: Waspada, Ini Penyebab Kenapa Perut Sebelah Kiri Sakit

Deskripsi: susu penambah berat badan bisa dikatakan efektif apabila dikonsumsi dengan benar dan sesuai saran dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published.