Apa yang Dimaksud Dengan Energi Alternatif dan Contohnya

apa yang dimaksud dengan energi alternatif

Dalam kehidupan manusia, energi adalah salah satu hal yang sangat penting. Energi yang dimaksud disini adalah energi yang berasal dari sumber daya alam. Dimana SDA sendiri dibagi menjadi dua yaitu bisa diperbarui dan tidak bisa diperbarui. Lalu, ada juga energi alternatif yang sekarang banyak dikembangkan. Jadi, apa yang dimaksud dengan energi alternatif? Berikut ini adalah penjelasannya.

Baca Juga: Kenali Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui

Apa yang Dimaksud Dengan Energi Alternatif

Karena perkembangan zaman sekarang ini, banyak sekali hal yang menjadi bahan pertimbangan untuk bisa menghemat energi yang berasal dari sumber daya alam, terlebih sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Lalu sebenarnya apa itu energi alternatif?

Energi alternatif adalah semua sumber yang mampu menggantikan energi atau bahan bakar konvensional seperti listrik, gas dan bensin. Tentu saja dengan tujuan untuk mengurangi penggunaan sumber daya fosil yang tidak dapat diperbarui. Serta menjaga bumi agar kerusakan tidak semakin parah.

Seperti yang sudah Anda tahu bahwa sekarang ini bumi sedang mengalami kerusakan yang semakin meluas. Mulai dari pemanasan global hingga beberapa sumber daya alam yang semakin sedikit jumlahnya. Dengan kondisi ini, maka akan ada banyak sekali akibat yang tidak dapat kita cegah.

Seperti meningginya air laut karena mencairnya gunung es di kutub selatan dan utara, penipisan ozon yang mengakibatkan meningkatnya suhu pada bumi, kekeringan, perubahan iklim dan lain sebagainya. Salah satu cara agar dapat mencegah itu semua adalah dengan mengurangi penggunaan energi dari sumber daya alam fosil dan menciptakan energi alternatif.

Sehingga di masa depan manusia masih bisa menjalankan aktivitas sehari-hari tanpa harus takut kehabisan sumber energi serta kehidupan pun akan semakin sehat. Itulah mengapa, banyak negara yang berlomba-lomba menemukan berbagai macam energi alternatif.

Contoh dari Energi Alternatif

Setelah mengetahui apa itu energi alternatif dan tujuannya secara umum. Maka, Anda harus tahu contoh apa saja dari energi yang satu ini. Berikut ini adalah contohnya:

Air atau Hidroelektrik

Contoh pertama adalah air yang akan menjadi energi hidroeletrik. Energi ini sendiri sudah jelas bersumber dari kekuatan air. Nantinya air ini akan dialirkan ke pipa yang dihubungkan dari sebuah bendungan. Air akan bergerak ke arah sebuah turbin yang berisi komponen untuk menghasilkan listrik.

Semakin banyak dan cepatnya air yang mengalir, maka energi yang dihasilkan pun akan semakin besar juga. Karena sumber ini sangat bergantung sekali dengan air, maka ketika musim kemarau, tidaklah begitu efektif. Meski begitu hidroelektrik tentu saja lebih baik dibandingkan dengan pembangkit listrik lainnya.

Panas Bumi

Sedangkan energi yang satu ini memanfaatkan panas yang berasal dari dalam bumi. Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa Indonesia secara geografis sangatlah diuntungkan karena mempunyai banyak sekali pegunungan yang masih memiliki aktivitas vulkanik. Panas bumi inilah yang nantinya diolah untuk menjadi energi.

Salah satu pulau di Indonesia yang berpotensi sangat tinggi adalah Pulau Flores yang berada di NTT (Nusa Tenggara Timur). Di pulau tersebut terdapat 16 titik panas bumi yang bisa dikembangkan untuk menjadi energi listrik atau non listrik.

Biomassa

Energi alternatif yang satu ini sangatlah dikenal oleh masyarakat. Biomassa adalah bahan organik yang merupakan hasil dari proses fotosintetik. Dimana biomassa ini menyimpan potensi besar untuk menjadi sumber energi di masa depan. Contoh bahan-bahan organik yang dimaksud adalah seperti limbah hutan, kotoran manusia dan ternak, pepohonan, rumput serta lain sebagainya.

Angin

Pada dasarnya alam memang sangat baik sekali menyediakan banyak fenomena alam yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif, salah satunya adalah angin. Energi yang dihasilkan angin sendiri mampu memberikan kehidupan besar bagi manusia, yaitu listrik.

Jika Anda tahu kincir angin yang ada di Belanda, dimana itu salah satu pembangkit listrik yang menerangi negara tersebut. Walaupun kincir angin terkesan bergerak dengan lambat, tapi energi yang dihasilkan sangatlah besar sekali.

Matahari

Belakangan ini energi surya atau matahari sedang dikembangkan habis-habisan agar menjadi sumber energi yang mampu membantu manusia. Tidak heran jika sekarang penggunaan energi matahari bukan hanya dalam skala kecil tapi besar.

Bahkan pemerintah Indonesia pun secara bertahap membangun pembangkit listrik tenaga surya ini. Memanfaatkan panas dari sinar matahari dan ditampung dalam sebuah generator, panas tersebut dapat diubah menjadi energi listrik yang sangat memadai untuk satu rumah.

Gelombang laut

Energi yang berasal dari gelombang laut sekarang ini juga masuk sebagai alternatif yang sangat potensial untuk masa depan. Apalagi untuk Indonesia yang merupakan negara kepulauan dan mampu memanfaatkan gelombang laut yang dimiliki untuk dijadikan sebuah energi.

Sayangnya ada kendala besar dalam pengembangan energi dari gelombang laut ini, yaitu dari tidak stabilnya kekuatan gelombang. Karena terkadang ada masanya laut akan tenang. Selain itu, untuk membangun reaktor dan generatornya juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sehingga sampai sekarang masih belum banyak negara yang menggunakan energi ini.

Memang sebagai manusia yang hidup bergantung dari alam, menemukan energi alternatif adalah hal penting. Mengingat banyak sumber energi yang sudah tidak dapat diproduksi lagi di masa depan. Hal ini tentu saja sangatlah mengkhawatirkan mengingat anak cucu kita tetap harus bisa bertahan.

Demikianlah penjelasan akan apa yang dimaksud dengan energi alternatif. Dimana sampai energi alternatif sudah siap digunakan, lebih baik sekarang menghemat energi dari sumber daya alam yang tiap hari digunakan.

Baca Juga: Kenapa Mata Kiri Kedutan Menurut Primbon Jawa dan Medis

Leave a Reply

Your email address will not be published.