Apa Perbedaan Minggu Besok dan Minggu Depan, Bagaimana dengan minggu depan

bagaimana dengan minggu depan

Keterangan waktu termasuk unsur penting dalam menjelaskan terjadinya suatu peristiwa yang akan, sedang, atau sudah terjadi. Masyarakat Indonesia umum menggunakan kata hari ini, besok, atau lusa. Nah, bagaimana dengan minggu depan? Anda pasti sering mendengar istilah tersebut karena juga dijadikan penunjuk waktu lainnya. Misalnya pada kalimat “Minggu depan sudah puasa”.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti minggu depan adalah pekan yang akan datang. Biasanya digunakan untuk menunjukkan satu minggu setelah sekarang. Kalimat ini bisa dituliskan di awal atau diakhir pernyataan. Seperti contoh di atas, kalimat minggu depan ditulis di awal yang menerangkan bahwa seminggu setelah sekarang kita akan melaksanakan ibadah puasa.

Pernahkah Anda mendengar orang mengucapkan frasa minggu besok? Misalnya pada pertanyaan “Kapan kamu pulang dari Solo?” dan jika direncanakan pada hari Minggu di minggu yang sama maka dijawab “Minggu besok”. Namun terkadang penggunaan frasa “Minggu besok” juga menunjukkan waktu sekitar satu minggu yang akan datang.

Nah sebenarnya apa perbedaan minggu besok dan minggu depan? Sebelum masuk ke pembahasan, yuk cari tahu asal usul kata Minggu di Indonesia.

Ternyata Ini Asal Mula Kata Minggu Digunakan

Minggu dalam KBBI merupakan hari pertama dalam jangka waktu satu minggu. Asal mula kata minggu diserap dari bahasa Portugis “Domingo” atau dari bahasa latin “Dominicus” yang berarti hari Tuhan. Konon, hari tersebut menggambarkan hari kelahiran Yesus pada kepercayaan Kristen. Tapi dalam bahasa Inggris, Minggu disebut Sunday yang berasal dari Bahasa Inggris Kuno berarti Hari Matahari.

Kata ini mulai masuk ke Indonesia dan dieja sebagai Minggu pada abad ke-19. Karena artinya tersebut, muncul kontroversi di tengah masyarakat atas penggunaan nama hari Ahad sebagai pengganti Minggu. Menurut International Organization for Standardization ISO 8601, jika penulisannya untuk menunjukkan hari maka ditulis dengan huruf M besar (Minggu). Tapi kalau ditulis dengan m kecil (minggu), berarti menunjukkan pekan yang dalam KBBI artinya jangka waktu yang lamanya tujuh hari.

Baca juga: Kenapa Saat Haid Tidak Boleh Dekat Dengan Cowok?

Ini Bedanya Minggu Besok dan Minggu Depan

Minggu besok dan minggu depan merupakan kata keterangan waktu yang menjelaskan kapan terjadinya suatu peristiwa atau kegiatan. Beberapa contoh penggunaan dalam komunikasi antara lain ada kemarin, sekarang, besok, lusa, hari ini. Contohnya dalam kalimat berikut:

“Penerbangan ke Jakarta ditunda hingga besok”

“Kemarin ibu pergi ke pasar membeli ikan segar”

“Minggu depan Andi berencana pergi ke Puncak bersama teman kuliahnya.”

Dalam kehidupan sehari-hari, Anda mungkin juga mengucapkan kalimat minggu besok yang menunjukkan waktu minggu depan. Namun menurut KBBI, pengertian kata depan dan besok jelas berbeda. Sehingga penggunaannya terhadap waktu kejadian pun tak sama. Dalam KBBI dijelaskan bahwa arti kata besok menunjukkan hari sesudah hari ini. Berikut contoh kalimatnya:

“Minggu besok Femi ingin menyelesaikan semua tugas kuliah”

Misal kalimat tersebut diucapkan di hari Jumat, maka Femi akan menyelesaikan semua tugas kuliah di hari Minggu pada minggu yang sama. Tapi kalau kalimatnya diubah menjadi:

“Minggu depan Femi akan menyelesaikan semua tugas kuliah”

Dari kalimat di atas dapat disimpulkan bahwa Femi berencana menyelesaikan tugas kuliah satu minggu dari sekarang. Bisa itu di hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, atau Minggu. Kalimat “Minggu Depan” bukan hanya menunjuk keterangan hari Minggu (ahad) yang merupakan hari pertama dalam satu pekan.

Beberapa Penyebutan Hari atau Keterangan Waktu

Apakah Anda pernah janjian dengan seseorang untuk bertemu di suatu tempat? Saat membuat janji, seseorang pasti menyebutkan kapan waktu untuk dapat bertemu.  Istilah besok dan lusa sering kita ucapkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun jarang ada yang tahu makna dari istilah tersebut. Di KBBI ternyata juga ada beberapa penyebutan hari atau keterangan waktu lainnya lho. Yuk simak.

Kemarin dulu (H-2) atau Selumbari

Keterangan waktu H-2 yang menunjukkan aktivitas pada dua hari yang lalu dapat diwakilkan dengan kalimat “kemarin dulu”. Pengucapan ini sudah sesuai aturan KBBI. Selain kata tersebut, Anda mungkin pernah dengar istilah selumbari. Dalam KBBI, selumbari juga artinya kemarin dulu yang menunjukkan dua hari sebelum hari ini.

Kemarin (H-1)

Dalam KBBI, H-1 dapat didefinisikan sebagai hari sebelum hari ini terjadi. Sehingga keterangan waktunya adalah kemarin.

Hari ini (H)

Istilah yang sudah akrab di telinga adalah hari ini (H). Kata tersebut menunjukkan hari kejadian yang dalam kamus besar bahasa Indonesia punya arti waktu dari pagi sampai keesokan paginya (24 jam).

Besok (H+1)

Keterangan waktu hari sesudah hari ini adalah besok atau H+1 yang berarti masa yang akan datang.  Kata besok selalu kalian ucapkan, bukan?

Lusa (H+2)

Lusa dalam kamus besar bahasa Indonesia berarti hari sesudah besok. Kalau dihitung urutannya hari ketiga setelah hari ini.

Tulat (H+3)

Istilah tulat dipakai saat menyampaikan keterangan waktu 3 hari setelah hari H. Kalau sekarang hari minggu maka tulat adalah hari Rabu.

Tubin (H+4)

Menyatakan keterangan waktu hari keempat setelah hari ini bisa dengan kata Tubin. Istilah ini jarang sekali digunakan masyarakat kita. Kalau menurut KBBI, definisi tubin adalah H+4. Jadi saat Anda ingin bertanya tentang H+4 dari sekarang, maka pakai istilah tubin, ya.

Penutup

Bagaimana dengan minggu depan, arti dan perbedaannya dengan minggu besok sudah kami jelaskan di atas. Begitu pun dengan beberapa penyebutan hari atau keterangan waktu. Dengan menggunakan kata ganti hari di atas, Anda telah menambah perbendaharaan kata dalam berkomunikasi sehari-hari. Semoga menjadi ilmu bermanfaat. Bagaimana dengan minggu depan kamu? semoga menyenangkan!

Deskripsi: Bagaimana dengan minggu depan dan minggu besok sebenarnya sama-sama penunjuk waktu. Cari tahu perbedaan dari pembahasan berikut.

One thought on “Apa Perbedaan Minggu Besok dan Minggu Depan, Bagaimana dengan minggu depan

Leave a Reply

Your email address will not be published.